PERCOBAAN 11


Nama    : Sulvi Indah P.

Nim       : 20200527-E

BAB I

PERCOBAAN 11

MENAMPILKAN NAMA DAN NRP SISWA MENGGUNAKAN

SEVEN SEGMEN COMMON ANODE

 

 

1.    Tujuan                :  Agar Bintara Mahasiswa mampu mempraktekkan rangkaian Seven Segmen

                                      Common Anoda                                     

 

2.    Alat dan Bahan :

 

a.         Laptop;

b.         Seven Segmen Common Anoda;

c.         Power Supply; dan

d.         Livewire.

 

3.    Dasar teori                      :

 

a.         Pengertian.LED

LED adalah komponen elektronik yang dapat memancarkan cahaya ketika dilalui arus listrik pada kedua kutubnya. Arus listrik mengalir dari kutub positif (anoda) menuju kutub negatif (katoda).



 


b.         Pengertian Seven Segmen Common Anoda

      

       Pada LED 7 Segmen jenis Common Anode (Anoda), Kaki Anoda pada semua segmen LED adalah terhubung menjadi 1 Pin, sedangkan kaki Katoda akan menjadi Input untuk masing-masing Segmen LED. Kaki Anoda yang terhubung menjadi 1 Pin ini akan diberikan Tegangan Positif (+) dan Signal Kendali (control signal) akan diberikan kepada masing-masing Kaki Katoda Segmen LED.



 


4.    Langkah Langkah Percobaan.

 

a.         Penyiapan alat yang digunakan untuk percobaan;

 

b.         Membuat rangkaian Seven Segmen Common Anoda.

 

1)          Rangkaian Seven Segmen untuk menampilkan Nama dan NRP siswa;





2)             Pada rangkaian Seven Segmen Common Anode, Common dihubungkan ke bagian ( - ) sumber tegangan  sedangkan Pin-pin pada Seven Segmen dihubungkan oada bagian ( + ) sumber tegangan.





5.    Analisa Rangkaian :

 

       Seven Segmen Common Anoda


 

       Pada percobaan ini, untuk membuat nama siswa “SULFI’ kita menggunakan lima buah seven segmen common Anode.



Untuk membuat huruf “S” maka pin-pin pada seven segmen yang kita aktifkan yaitu pin “a, c, d, f, dan g” kemudian kita hubungkan pin tersebut pada bagian (-) sumber tegangan dan Common pada bagian (+)



    Untuk membuat huruf “U” maka pin-pin pada seven segmen yang kita aktifkan  yaitu pin :b, c, d, e, dan f” kemudian kita hubungkan pin tersebut pada bagian (-) sumber tegangan dan Common pada bagian (+)

 

    Untuk membuat huruf “L” maka pin-pin pada seven segmen yang kita aktifkan yaitu pin: “d, e, dan f” kemudian kita hubungkan pin tersebut pada bagian (-) sumber tegangan dan Common pada bagian (+)


 
 
Untuk membuat huruf “F” maka pin-pin pada seven segmen yang kita aktifkan yaitu pin: “a, e, f, dan g” kemudian kita hubungkan pin tersebut pada bagian (-) sumber tegangan dan Common pada bagian (+)



          
  Untuk membuat huruf “I” maka pin-pin pada seven segmen yang kita aktifkan yaitu pin “a dan b”. Kemudian kita hubungkan pin tersebut pada bagian (-) sumber tegangan dan Common pada bagian (+)

 

       Untuk membuat NRP juga dilakukan dengan cara seperti diatas.

 

6.    Kesimpulan

 

       Agar seven segmen dapat menyala sesuai yang kita inginkan, kita harus mengatur pin-pin mana yang ingin kita nyalakan kemudian kita hubungkan pin-pin yang telah kita pilih pada bagian (-) sumber tegangan dan menghubungkan common anoda pada (+) sumber tegangan. Seven Segmen akan menyala apabila terdapat beda potensial.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERCOBAAN 6

PERCOBAAN 12